January 01, 2024 - BY Admin

3D Laser Scanner di Wisma Atlet 

 Berlokasi di Jakarta pada 1 November 2023 hingga 31 Desember 2023, PT. Oseanland Survei Indonesia berkesempatan untuk bekerja sama dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia) Balai Penyediaan Perumahan Jawa 1. PT. Oseanland Survei Indonesia bertanggung jawab untuk melakukan pengukuran 3D scanning di Wisma Atlet Jakarta. 



 Pengukuran 3D Laser scanner ini menggunakan alat survei Stonex X120 GO. Hasil yang dihasilkan oleh Stonex X120 GO berupa point cloud 3D yang sesuai dengan harapan dari user. Project kerjasama dengan Kementerian PUPR kali ini pun berhasil selesai dengan sukses dan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. 




 

Apa itu 3D Laser Scanner? 


 Alat survei yang menggunakan teknologi non-destructive test (ndt) untuk mengambil gambar objek nyata, seperti bangunan, dan mengubahnya menjadi model 3D dengan membuat point cloud data dari permukaan objek yang dipindai atau di scan. Pengukuran dan inspeksi permukaan berkontur dan geometri yang rumit membutuhkan data dalam jumlah besar, jadi 3D Laser Scanner ini adalah alat yang tepat karena dapat mengambil ukuran dan bentuk objek yang discan secara akurat sebelum dimasukkan ke dalam komputer dalam bentuk 3D. 


Mengenal Stonex X120 GO



 Stonex X120GO adalah pemindai laser genggam yang didasarkan pada teknologi STONEX SLAM terbaru. Pemindai yang kuat ini memungkinkan pengambilan model 3D dengan mudah dan cepat di dalam & luar ruangan, sehingga tidak perlu lagi melakukan pendaftaran multi-cloud yang rumit. Cukup bergerak di sekitar tempat kejadian dengan X120 Go dan lihatlah point cloud yang terus bertambah seiring dengan bertambahnya data yang ditambahkan secara real time.


Sistem ini memiliki kepala berputar 360° yang dapat menghasilkan cakupan point cloud 360° x 270°. Dengan dikombinasikan dengan algoritma SLAM tingkat industri, sistem ini dapat memperoleh data point cloud tiga dimensi presisi tinggi dari lingkungan sekitar tanpa cahaya dan GPS. Dilengkapi dengan tiga kamera 5MP dengan 200°FOV horizontal dan 100°FOV vertikal, sistem ini dapat memperoleh informasi tekstur secara sinkron dan menghasilkan point cloud berwarna dan gambar panoramic. 


Dengan menggunakan GOapp, X120GO dapat memeriksa dan mengelola proyek yang akan diperbarui dan ditampilkan secara sinkron, serta dapat melakukan pemetaan dan pratinjau SLAM secara real-time.

GOpost memiliki kemampuan untuk melakukan post-processing data yang dikumpulkan, membuat point cloud berwarna dengan presisi dan definisi tinggi, membuat gambar panorama parsial, dan melakukan pemrosesan optimasi.


Dengan desain strukturnya yang terintegrasi, X120GO memiliki penyimpanan internal, sistem kontrol, dan baterai lithium yang dapat diganti. Dengan menekan tombol start, X120GO dapat segera bekerja, menjadikan akuisisi data lebih mudah dan efisien. Anda dapat menggunakan software Stonex Reconstructor dan Cube-3d untuk mengelola point cloud di kantor Anda, atau Anda dapat menggunakan PointCab jika Anda membutuhkan sesuatu yang berbeda.


Stonex dan PointCab bekerja sama untuk memproses data X120GO.

Untuk project scanning gedung dan penggunaan alat survei lainnya, serahkan saja pada PT. Oseanland Survei Indonesia, hasil memuaskan dan selesai tepat waktu.